IAR-BKSDA Kerjasama Translokasi Orangutan di Riam Berasap Dari Lokasi Warga

IAR-BKSDA Kerjasama Translokasi Orangutan di Riam Berasap Dari Lokasi Warga
TRIBUNFILE/ISTIMEWA
Tim medis sedang menangani orangutan yang ditranslokasi dari kebun warga di Desa Riam Berasap Kabupaten Kayong Utara ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Kamis (4/1). 

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Subandi

TRIBUNPONTIANAK.CO,ID, KETAPANG – International Animal Rescue (IAR) Indonesia bekerjasama dengan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Resort Sukadana dan Balai Taman Nasional  Gunung Palung.

Mereka berhasil mentranslokasi satu individu orangutan Kalimantan (pongo pygmaeus) dari kebun warga di Desa Riam Berasap, Kabupaten Kayong Utara ke dalam kawasan Taman Nasional Gunung Palung (TNGP), Kamis (4/1).

Lokasi penemuan orangutan ini berbatasan langsung dengan kawasan TNGP.

Menanggapi laporah tersebut tim Orangutan Protecting Unit (OPU) IAR Indonesia segera mengirim tim patroli untuk memverifikasi laporan tersebut.

Tim patroli pada waktu itu tidak menemukan orangutan yang dilaporkan.

Pada September ada lagi laporan dari warga setempat. Tim patroli yang melihat langsung ke lapangan hanya menemukan jejak dan bekas buah-buahan yang dimakan orangutan di kebun masyarakat.

Artikel ini telah tayang di tribunpontianak.co.id dengan judul IAR-BKSDA Kerjasama Translokasi Orangutan di Riam Berasap Dari Lokasi Warga, http://pontianak.tribunnews.com/2018/01/07/iar-bksda-kerjasama-translokasi-orangutan-di-riam-berasap-dari-lokasi-warga.
Penulis: Subandi
Editor: madrosid

 

Sumber : http://pontianak.tribunnews.com/2018/01/07/iar-bksda-kerjasama-translokasi-orangutan-di-riam-berasap-dari-lokasi-warga

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit