Video: Menyesap Arti Kebebasan

Proses pelepasliaran orangutan tidak bisa dianggap mudah. Berbagai persiapan harus diperhitungkan dengan matang. Sejak dini hari, tim bersiap memindahkan empat orangutan yang akan dilepasliarkan. Keempat individu orangutan itu adalah Laila beserta anaknya Lili, Lisa, dan Vijay.

Lokasi yang dituju sebagai lokasi lepasliar adalah Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya yang berjarak sekitar 700 kilometer dari Ketapang, Kalimantan Barat. Total perjalanan darat ditempuh menuju ke lokasi adalah 20 jam. Tujuan pertama Kantor Seksi Wilayah 1 Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya di Nanga Pinoh, Kalimantan Barat. Dari kantor ini, tim bergerak menuju ke Dusun Mengkilau dengan waktu tempuh 5 jam. Selanjutnya, dari Dusun Mengkilau tim melanjutkan menggunakan perahu motor kecil melawan derasnya arus Sungai Mentatai. Kemudian rombongan harus berjalan kaki sekitar 2 jam menuju ke titik pembebasan.

Video: Kompas TV

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Orangutan Laksmi dan Lusiana, Ibu dan Anak.

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit