Webinar: Perempuan Bercerita Bumi

Dalam sebagian besar kegiatan, kami melibatkan kaum perempuan yang tinggal di lokasi-lokasi tempat di mana kegiatan atau program itu berada. Kami melihat perempuan merupakan sosok penting dalam pengambilan keputusan di tingkat masyarakat untuk mengambil peran penting dalam upaya konservasi alam. Maka, para perempuan di desa-desa tempat kami bekerja dilibatkan dalam kegiatan pelestarian satwa. Ibu-ibu di desa  juga dilibatkan untuk melakukan pembibitan pohon untuk kegiatan restorasi hutan, maupun pengrajin bagi kantung-kantung ramah lingkungan yang mudah terdaur ulang secara alami, dengan menggunakan bahan-bahan alam seperti daun nipah dan pandan.

Di luar program-program ini, kami juga melihat pentingnya perempuan sebagai sosok yang berperan penting dalam mengedukasi keluarga terutama anak-anak. Perempuan yang terlibat langsung dalam pembentukan karakter anak, bisa menjadi agen advokasi lingkungan. Bagi anak-anak, di masa usia inilah, mereka membentuk nilai-nilai tentang kehidupan, sehingga orangtua terutama bagi sebagian besar masyarakat tradisional yang masih menempatkan perempuan sebagai sosok yang lebih utama dalam mendidik anak, memiliki peran penanaman dini informasi lingkungan yang benar supaya mampu menciptakan pribadi yang kelak lebih ramah lingkungan.

Dalam rangka memperingati Hari Bumi dan Hari Kartini yang jatuh pada April ini, kami menyelenggarakan diskusi online yang akan menampilkan Direktur Program IAR Indonesia, Karmele Llano Sanchez – menceritakan pandangannya sebagai perempuan yang telah lama berkiprah di bidang konservasi dan penyelamatan satwa dan lingkungan, serta arah-arah program IAR Indonesia yang diperuntukkan bagi perempuan. Bersama dengan beliau, akan hadir Reda Gaudiamo, musisi dan penulis yang dengan talenta seninya, menciptakan karya-karya yang diperuntukkan bagi perkembangan literasi dan pendidikan anak. Pada diskusi ini, kita akan mendengarkan pandangan-pandangan Reda Gaudiamo tentang peran penting literasi dan bagaimana mendongeng merupakan sarana yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk karakter-karakter manusia dengan wawasan lingkungan yang lebih mencintai bumi.

Pembicara

Karmele Llano Sanchez (Direktur Program IAR Indonesia)

Reda Gaudiamo (Musisi dan Penulis)

Moderator

Dewi Ria Utari (Konsultan Komunikasi IAR Indonesia)

Waktu dan tempat

Sabtu, 24 April 2021, Pukul 15.00 WIB

Zoom IAR Indonesia (akan dikirim via email)

Formulir Pendaftaran

* Hubungi kami di sini jika terkendala dalam melakukan pendaftaran.