Menyelamatkan Suga si Kukang

Kukang Suga dibersihkan bulunya sebelum diberi bantuan medis

Kukang ini Bernama Suga. Ia datang di pusat rehabilitasi kami dengan keadaan penuh luka di bagian wajah dan lengannya. Begitu Suga datang, tim kami segera melakukan penanganan medis kepadanya. Ia berhasil sampai ke pusat rehabilitasi kami berkat laporan warga Ciamis kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Ciamis pada 9 Juni 2021.

 

Berdasarkan laporan, kukang ini adalah kukang jantan. Ia terluka akibat berkelahi dengan kukang jantan lainnya ketika mempertahankan wilayahnya. Kukang jantan biasa berkelahi dengan cara menggigit bagian tubuh lawannya menggunakan giginya yang tajam. Gigitannya juga berbisa sehingga mampu melukai hewan lain dengan cukup parah.

 

Kukang dicukur bulunya

Pencukuran bulu Suga si Kukang untuk mempermudah penanganan medis

 

Kondisi Suga cukup mengenaskan. Wajahnya lebam dan penuh darah. Begitu pula dengan tangannya. Ia mendapatkan perawatan intensif dan menjalani penanganan medis berupa pembersihan luka di wajah dan tangannya. Rambutnya juga terpaksa kami cukur akibat kotor oleh darah yang mengering, sehingga menyulitkan kami melakukan pemberian obat.

 

Meski begitu Suga masih memiliki harapan untuk bisa kembali ke alam liar, sebab ia masih memiliki gigi yang utuh dan tubuh yang sehat. Setelah rehabilitasi dan pemeriksaan lebih lanjut di pusat rehabilitasi kami, besar kemungkinannya untuk dapat dilepasliarkan kembali bersama kawan-kawan kukangnya yang lain. Ia dijadwalkan akan menjalani pemeriksaan rontgen untuk mengecek tulang dari benda asing seperti peluru angin. Selain itu ia juga akan diperiksa di laboratorium kami apakah ia bebas dari penyakit-penyakit lainnya.

 

Mari dukung Suga yang terinspirasi dari Suga BTS ini untuk cepat pulih dari luka yang dideritanya. Kamu bisa ikut membantu dengan cara berdonasi melalui laman donasi kami di di. Atau kamu bisa bantu untuk membagikan kisah-kisah konservasi kami di media sosialmu.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

The Day You Went Away

Duh kok sedih sih? Nggak kok, nggak sedih, justru happy Lho kok? Iya, jadi gini, Mei dan Juni lalu Balai

Kukang Suga dibersihkan bulunya sebelum diberi bantuan medis

Menyelamatkan Suga si Kukang

Kukang ini Bernama Suga. Ia datang di pusat rehabilitasi kami dengan keadaan penuh luka di bagian wajah dan lengannya. Begitu

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit