Menyambut Utha: Kukang Malang yang Tersesat

Welcome, Utha! We’re happy to see you!

Ada pendatang baru nih #SobatIAR! Kenalin, ini namanya Utha.

Utha adalah kukang jawa (Nycticebus javanicus) berjenis kelamin jantan. Utha diserahkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cirebon untuk dititiprawatkan di Yayasan IAR Indonesia terhitung mulai tanggal 10 Mei 2022 kemarin.

Utha ketika hendak dititiprawatkan oleh Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Cirebon di Yayasan IAR Indonesia (Tim SRM | IAR Indonesia)

Pada awalnya, Utha adalah kukang yang ditemukan dan diselamatkan dari pinggir jalan oleh warga di Kuningan, Jawa Barat. Utha tersesat di wilayah pemukiman warga. Lho.. kok bisa ya? Utha abis main kemana sih? Diduga Utha bisa sampai di pemukiman warga karena ia menjelajah ke pinggir hutan ketika mencari makan, lalu mengalami kecelakaan atau diburu pemburu hingga terluka. Who knows.. Sayangnya, Utha tidak bisa diwawancara guys.

Selain tersesat, pada saat itu Utha tampak sedang dalam keadaan sakit. Karena warga yang menyelamatkan Utha bingung harus melapor dan menyerahkan Utha kepada siapa, akhirnya warga tersebut memutuskan untuk memelihara Utha untuk sementara waktu. Utha dipelihara oleh warga selama kurang lebih satu bulan sampai akhirnya diserahkan ke pihak yang berwenang, yakni BKSDA Cirebon.

Hasil rontgen Utha sedang diperiksa oleh tim medis Yayasan IAR Indonesia untuk mengetahui penyebab luka di matanya (Fattreza Ihsan | IAR Indonesia)

Pada kedatangannya di Yayasan IAR Indonesia, Utha berada dalam kondisi kurang sehat, mengalami sejumlah luka di bagian kepala, mata kanannya mengalami kebutaan serta rongga matanya masuk ke dalam. Selain itu, Utha juga didiagnosa mengalami dehidrasi. Huhuhu, kasian Utha😢💔. Walaupun demikian, beruntungnya taring dan gigi Utha masih lengkap dan utuh. 

Saat ini Utha sedang diberikan sejumlah pengobatan dan perawatan untuk memulihkan kondisi fisiknya oleh para dokter hewan dari Yayasan IAR Indonesia di Ciapus, Bogor. Harapannya, kondisi Utha akan terus membaik agar Utha punya kesempatan untuk dilepasliarkan kembali pada habitat aslinya nanti.

Alfatheya Diva

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit