Mengenal Konsep 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle)

Mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah adalah tiga prinsip yang sering digaungkan dalam mengelola sampah. Prinsip ini biasa disebut 3R (reduce, reuse, recycle).

Prinsip ini sangat populer karena sangat mudah diikuti oleh berbagai kalangan. Sebab, hanya dengan mengurangi sampah, menggunakan kembali barang-barang yang tidak terpakai, dan mendaur ulang sampah yang mudah di daur ulang, kita dapat meningkatkan kualitas hidup di rumah dengan berkurangnya hasil buangan kita ke lingkungan.

Setiap urutan ini memiliki prioritas yang berbeda. Reduce atau pengurangan sampah adalah prioritas utama dalam pengelolaan sampah. Disusul oleh Reuse atau penggunaan kembali sampah, lalu Recycle atau pendaurulangan sampah.

Untuk lebih mengetahui bagaimana penerapannya di kehidupan sehari-hari, yuk, simak informasi mengenai 3R ini!

 

1. Reduce (Mengurangi)

Penggunaan tas purun sebagai polybag mengurangi penggunaan plastik yang sulit terurai di tanah

Mengurangi sampah adalah prioritas utama dalam pengelolaan sampah secara modern. Dengan mengurangi penggunaan sampah, terutama yang tidak bisa didaur ulang, kita telah membantu mengurangi beban lingkungan kita.

Barang-barang yang dapat dikurangi misalnya adalah sampah sekali pakai seperti kantong plastik, kertas, botol minuman, hingga karton.

Kita dapat menggunakan alternatif lain untuk mengurangi penggunaan sampah sekali pakai dengan menggunakan bahan-bahan ramah lingkungan atau alat yang dapat digunakan berulang-kali.

 

2. Reuse (Menggunakan Kembali)

Penggunaan plastik sebagai pot bunga atau hiasan

Barang-barang tidak terpakai yang kondisinya masih cukup baik sebaiknya tidak langsung dibuang begitu saja. Kita dapat memanfaatkan barang tersebut untuk digunakan sebagai barang lain yang fungsinya dapat terpenuhi.

Contohnya adalah memanfaatkan botol plastik bekas untuk wadah alat tulis, pot bunga, atau bahkan digunakan sebagai hiasan ruangan.

 

3. Recycle (Mendaur Ulang)

Mendaur ulang sampah organik dapat dilakukan secara sederhana di rumah

Apabila suatu barang sudah berkondisi buruk atau sudah kehilangan fungsinya, hal yang biasa kita lakukan adalah membuangnya ke tempat sampah. Padahal setiap barang yang sudah terlihat kurang baik itu masih memiliki kegunaan, lho. Kita dapat mendaurulangnya menjadi barang baru melalui proses-proses tertentu yang berbeda-beda untuk tiap jenis barang.

Plastik dan kertas adalah salah satunya. Sampah plastik biasa didaur ulang berdasarkan kode-kode yang tercantum. Sementara kertas terpakai dapat didaur ulang menjadi kertas baru. Jenis-jenis sampah lain juga dapat didaur ulang seperti kaca, baterai, tekstil, dll.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit