Apa yang Bisa Kamu Lakukan apabila Menemukan Kukang di Daerahmu?

Kukang kerap ditemukan di sekitar pemukiman dan perkebunan. Biasanya orang-orang yang menemukan kukang di alam kaget ketika menemukan kukang ini karena bagi sebagian orang kukang adalah satwa kharismatik. Lalu, bagi sebagian orang lain menganggap bahwa satwa ini adalah satwa dilindungi yang harus segera diselamatkan.

 

Padahal, terkadang kukang-kukang tersebut hanya ‘numpang’ lewat ke daerah manusia untuk mencari makanan atau tempat tinggal yang baru. Oleh karena itu, jangan panik apabila bertemu dengan satwa mungil ini. Dengan tahu bagaimana seharusnya kita berinteraksi dengannya, kita sudah sangat membantu proses pelestarian kukang di alam.

 

Pada artikel ini, kami akan mengulas 3 langkah singkat apabila menemukan kukang di daerahmu.

 

1. Mengecek usia kukang

Kukang dalam keadaan bayi (Foto: Reza Septian)

Apakah kukang yang ditemukan adalah kukang dewasa? Ataukah kukang yang ditemukan adalah bayi kukang? Atau bahkan menemukan kukang dewasa yang sedang menggendong bayinya?

Kukang dewasa memiliki ukuran panjang tubuh 19-30 cm. Apabila menemukan bayi kukang, lebih baik kita membiarkannya saja. Sebab kukang dewasa memiliki kebiasaan untuk menyimpan sementara atau “memarkir” bayinya untuk mencari makanan atau tempat tinggal.

 

2. Pastikan kukang berada di atas pohon

Kukang berada di pucuk tumbuhan liar (Foto; Reza Septian)

Kukang adalah hewan yang hidup di atas pohon. Mereka tinggal dan mencari makanan di atas pepohonan. Apabila menemukan kukang yang sedang berada di atas pohon, maka lebih baik kita membiarkannya juga sebab kukang akan pergi dengan sendirinya.

Namun, terkadang kukang ditemukan berada di jalan atau di rumah-rumah penduduk. Apabila kukang tidak sedang berada di atas pohon, maka kita sebaiknya berusaha menggiring kukang untuk pindah ke pohon. Harap diperhatikan bahwa kukang adalah hewan berbisa yang memiliki bisa di mulutnya. Oleh karena itu hindari kontak langsung dengan kukang ketika hendak memindahkan kukang ke pohon dan tetap perhatikan kehati-hatian.

Setelah kukang naik ke atas pohon, sebaiknya kukang dipantau keberadaannya selama beberapa hari. Apakah kukang masih tetap berada di lokasi atau tidak.

 

3. Pertimbangkan melaporkan ke BKSDA setempat

Kukang sakit yang berada di pusat rehabilitasi (Foto: Reza Septian)

Apabila kukang ditemukan dalam keadaan terluka, sakit, atau berada pada lokasi yang jauh dari habitatnya, melaporkan kukang ke BKSDA terdekat adalah langkah yang dapat dilakukan selanjutnya. Setelah melaporkan ke lembaga pemerintahan tersebut, pihak BKSDA akan segera mengonfirmasi laporan dan akan mengevakuasi kukang untuk diselamatkan. Berikut adalah pranala/link kontak-kontak BKSDA setempat yang dapat dihubungi

Daftar Alamat dan Call Center BKSDA

 

Seperti itulah langkah-langkah yang dapat kita tempuh apabila menemukan kukang. Selama primata unik ini tidak mengganggu, kita sebaiknya juga tidak mengganggu dan membiarkannya saja di alam. Yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga habitat dan melindungi mereka agar tetap berada di habitatnya.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Lowongan Pekerjaan: Staf Multimedia

DIBUTUHKAN SEGERA   Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) adalah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang penyelamatan, rehabilitasi dan konservasi satwa

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit