Kukang, Primata Unik yang terbelenggu

Ditulis oleh : Tim Keeper Kukang
Pada hakikatnya semua satwa ingin hidup bebas, bebas berkeliaran di alam lepas (hutan) termasuk satwa unik yang satu ini yaitu Kukang. Di Indonesia ada tiga jenis kukang:
1.       Kukang jawa (N.Javanicus)
2.       Kukang Sumatra (N.coucang)
3.       Kukang Kalimantan (N.menagensis)
Diantara tiga jenis kukang tersebut, kukang jawa merupakan yang terancam punah. Oleh sebab itu pemerintah yang mempunyai kewenangan untuk menindak terhadap pelanggaran, perburuan, penyelundupan dan perdagangan satwa liar dilindungi harus bertindak tegas. Selain itu penyuluhan untuk menyadartahukan kepada masyarakat juga harus terus dilakukan. Dalam hal ini semua pihak harus duduk bersama dan melakukan tindakan bersama agar tujuan perlindungan kukang tercapai.

tidak layak di kandang
Tidak layak hidup di sangkar/ kandang
Satwa jenis apapun akan terbelenggu jika mereka berada dalam sangkar/kandang. Mereka akan stress dengan ruangan yang terbatas (sempit). Sama halnya kalau kita berada dalam ruangan yang sempit. Kita akan merasa tidak nyaman begitu pula mereka akan merasakan hal yang sama. Banyak dari mereka yang mengalamai kematian akibat stress saat hidup didalam ruangan yang sempit.
Tuhan menciptakan berbagai jenis mahluk hidup tentunya akan membawa manfaat untuk kehidupan didunia ini, karena saling ketergantungan antara mahluk satu dengan mahluk lainnya. Dan manusialah yang wajib menjaga dan memperbaiki kualitas lingkungannya karena manusia adalah mahluk yang berakal.
Bebas!
Biarkan mereka hidup bebas
Kukang banyak dijadikan peliharaan karena bentuknya yang lucu/unik sampai-sampai kukang ada juga yang ditaruh didalam kamar sebagai teman. Padahal kukang mempunyai racun. Jika dia terancam akan dikeluarkannya. Selain itu potensi zoonosis juga sangat membahayakan.
Maka biarkanlah kukang hidup bebas dihabitatnya dan jangan pernah mencobauntuk menangkap dan memeliharanya agar kelangsungan hidup mereka terjaga. Kukang bukanlah satwa peliharaan (pet), jadi dia lebih pantas hidup di alam bebas.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Orangutan Laksmi dan Lusiana, Ibu dan Anak.

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit