Kolaborasi Asik Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia di Gunung Tanggamus

17 Jul 2023
Admin YIARI

Kolaborasi Asik Hari Bebas Kantong Plastik Sedunia di Gunung Tanggamus

oleh | Jul 17, 2023

Selamat hari bebas kantong plastik sedunia Sob! Untuk memperingati hari peringatan tersebut, pada 8 – 9 Juli 2023, kami bersama KPH Kota Agung Utara dan Komunitas Bolang Lansia Explorer mengajak para komunitas pecinta lingkungan untuk mengikuti rangkaian pendidikan lingkungan di Gunung Tanggamus, Lampung.

Tujuan kegiatan ini selain untuk memperingati hari bebas kantong plastik sedunia ialah mengajak pemuda komunitas khususnya yang ada di Provinsi Lampung untuk ikut berperan langsung dalam mengurangi limbah plastik dan menjaga lingkungan sekitar melalui  edukasi wisata sadar lingkungan, serta mendukung upaya untuk mewujudkan gunung Tanggamus bebas sampah.

Ngapain aja tuh kegiatannya? Ceritain dong kegiatannya mulai dari hari pertama!

Beragam banget dong kegiatannya! Jadi, kegiatan dimulai pada 8 Juli malam hari dengan agenda edukasi pemberian materi mengenai sampah. Materi disampaikan oleh tim pihak KPH Kota Agung Utara dan pihak tim YIARI. Pihak KPH Kota Agung Utara yang diwakili oleh Bapak Ponijan, S.ST, MMP selaku koordinator penyuluh menyampaikan kondisi terkait dan isu-isu yang ada di Gunung Tanggamus.

Penyampaian materi dari YIARI diwakili oleh Elif dan Juan, volunteer YIARI dari IPB yang aktif di komunitas Asarasi, yaitu komunitas yang bergerak dalam bidang konservasi dan lingkungan terutama mengenai sampah dan mikroplastik. Materi yang disampaikan keduanya menjelaskan tentang sampah, jenis-jenisnya, bahaya sampah plastik, serta cara mengurangi sampah plastik. Dalam diskusi ini peserta aktif menyampaikan pendapatnya dan juga menjawab setiap pertanyaan yang ditanyakan.

Kenapa di Gunung Tanggamus ya?

Jadi, kalau menurut penyampaian dari pihak KPH Kota Agung Utara, Gunung Tanggamus bisa dikata memiliki kondisi yang kurang ramah lingkungan nih, Sob. Jadi masih ditemui beberapa sampah yang menumpuk di beberapa lokasi. Nah, sampah ini kemungkinan ada akibat ulah perilaku para pendaki tidak bertanggung jawab yang meninggalkan sampah plastik, khususnya sampah logistik di atas gunung. Hingga saat ini masih ada sampah plastik yang tersebar di penjuru Gunung Tanggamus, bahkan hingga puncak!

Keseruan rangkaian kegiatan peringatan hari bebas plastik, yang diantaranya ada diskusi terkait sampah, serta penanaman pohon (Tim Edukasi | Yayasan IAR Indonesia)

Kalau di hari kedua?

Kegiatan hari kedua dimulai dengan menanam 50 bibit pohon kehutanan (Multi Purpose Tree Species) dengan jenis pohon alpukat, durian dan tambahan beberapa pohon beringin di sepanjang jalur pendakian menuju camp ground 1. Nah, kalau biasanya bibit untuk penanaman menggunakan plastik polybag yang tidak ramah lingkungan, tentu saja di hari bebas kantong plastik ini kami menggunakan ecopolybag yang ramah lingkungan!

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan membersihkan sampah di sepanjang jalur pendakian camping ground Gunung Tanggamus hingga posko pendakian. Pada sesi ini, peserta dibagi menjadi lima orang dalam satu tim. Dengan alat tempur memungut sampah yaitu sarung tangan, pencapit dan trashbag, para peserta pun berangkat mengumpulkan sampah.


Eits jangan salah, trashbag yang digunakan pun berasal dari serat singkong loh, yang pastinya ramah lingkungan! Sampah yang terkumpul kemudian dibawa turun menuju  posko pendakian dan  dilakukan penimbangan serta penentuan juara, berdasarkan berat sampah yang berhasil dikumpulkan. Setelah semua sampah ditimbang, ketahuan deh bahwa total sampah yang terkumpul sebanyak 51,5 kg! Ternyata masih banyak sekali ya sampah yang masih terdapat di Gunung Tanggamus 😥.

Wow ramai gak yang ikut?

Selain Bolang Lansia Explorer -yep, kepanjangannya dari bocah petualang lanjut usia- sebagai kolaborator, tujuh komunitas lainnya turut berpartisipasi dalam acara ini, di antaranya Tapak Lampung, Komunitas Jejak Hantu, Future Indonesia, Lentera Nusantara, Wisata Lampungsai, Asa Konservasi, dan Sahabat Laut Indonesia. Total peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 47 orang yang berasal dari seluruh komunitas yang hadir.

Keseruan rangkaian kegiatan peringatan hari bebas plastik pada hari kedua (Tim Edukasi | Yayasan IAR Indonesia)

Seru banget! Para pesertanya full power semangat membersihkan lingkungan ya!

Iyadong! Bahkan setelah acara selesai dan ditutup pun para peserta kembali menuruni gunung sambil aktif memungut sampah, luar biasa ya Sob semangat para partisipan kegiatan untuk menjaga lingkungan! Jangan mau kalah ya! Oiya untuk dapat menyebarkan edukasi yang telah disampaikan, para peserta diberi challenge mengunggah foto atau video ke instagram, dengan meng-tag ig @iar_indonesia dan @bolanglansia, kemudian diberi tagar #SampahmuTanggungJawabmu dan #PendakiBijakTanpaPlastik.

Semoga selain Gunung Tanggamus, gunung-gunung  dan bentang alam lainnya bisa bebas dari sampah ya!

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Fathia Rosatika

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Feb 23, 2024

Lowongan Kerja – Spesialis Manajemen Program – Bogor, Jawa Barat

DIBUTUHKAN SEGERA Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) adalah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang upaya penyelamatan, perlindungan dan konservasi satwa liar Indonesia, khususnya satwa primata, seperti orangutan, kukang, monyet ekor...

Artikel Terkait