5 Fakta Tentang Pentingnya Mangrove yang Harus Kalian Ketahui

15 Mei 2023
Admin YIARI

5 Fakta Tentang Pentingnya Mangrove yang Harus Kalian Ketahui

oleh | Mei 15, 2023

Halo Sobat #KonservasYIARI, sudah tahukah kalian tentang mangrove?

Nah, mangrove merupakan kawasan yang disusun oleh jenis-jenis tanaman yang hidupnya di air payau atau air laut. Salah satu jenis tanaman tersebut adalah bakau. Pasti kalian sudah pernah mendengar mengenai tanaman ini kan?

Tahukah kalian manfaat mangrove untuk lingkungan?

Jika kalian sudah pernah melihat kawasan hutan mangrove, pernahkah kalian memikirkan sebenarnya apa manfaat dari mangrove ini? Apakah hanya sekedar hiasan? Oh tentu tidak, berikut merupakan manfaat dari hutan mangrove yang bisa dirasakan oleh lingkungan sekitarnya. Simak terus ya.

1. Mencegah abrasi dan erosi tanah
Mangrove mencegah abrasi dan erosi (Dj Onces Saputra, CC-BY 3.0)

Pernahkah kalian melihat wilayah pantai yang semakin terkikis? Serem juga kan jika nanti dimasa yang akan dating wilayah pantai semakin hilang karena terkikis. Hal tersebut ternyata bisa dicegah dengan cara memanfaatkan hutan mangrove. Hutan mangrove memiliki akar yang dapat melindungi tanah di wilayah pesisir. Nah, oleh karena itu tanaman atau hutan mangrove dapat menjadi pelindung wilayah pantai dari pengikiran tanah akibat air yang ada.

2. Habitat bagi banyak hewan
Hewan yang tinggal di kawasan mangrove (Sigarwengi, CC BY-SA 4.0)

Rindangnya hutan mangrove ternyata sangat bermanfaat bagi lingkungan di sekitarnya. Berbagai macam hewan juga dapat tinggal di dalam hutan mangrove ini. Hewan tersebut merasa cocok tinggal dalam hutan mangrove karena tersedia banyak sumberdaya yang dapat mereka makan.

3. Menyerap emisi karbon
Suasana sejuk tanpa polusi di Kawasan hutan mangrove (Lakshmiclicks, CC BY-SA 4.0)

Kalian tau gak sih sebenarnya perubahan iklim dan cuaca seperti sekarang ini tuh bisa untuk diatasi? Nah, cara mengatasinya adalah dengan menanam hutan mangrove ini. Hutan mangrove berperan sangat penting dalam proses pengurangan emisi karbon. Hal ini dikarenakan tumbuhan yang terdapat dalam hutan mangrove dapat menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi karbon organik yang disimpan didalam biomassa tubuhnya yaitu seperti pada akar, batang, daun dan bagian lainnya. Nah inilah yang bikin udara di lingkungan sekitarnya menjadi lebih segar.

4. Menjaga kualitas air
Kualitas air yang terjaga di sekitar hutan mangrove (Ms.mii, CC BY-SA 4.0)

Hal ini adalah hal yang haram dilakukan ketika kamu berada Kalau kalian pernah bermain ke lokasi wisata hutan mangrove maka kalian akan tau kotoran-kotoran yang tersangkut pada akar-akar tumbuhan yang ada didalamnya. Hal tersebut yang akan menjadikan kualitas air disekitarnya menjadi terjaga. Hutan mangrove juga dapat menyerap semua jenis logam berbahaya yang terkandung dalam air sehingga kualitas air menjadi terjaga. Coba deh kalian bandingkan air yang ada dalam sekitar hutan mangrove dengan air yang tidak berada dalam lingkungan mangrove.

5. Tempat rekreasi
Wisata mangrove yang didatangi banyak pengunjung (Macipul, CC BY-SA 4.0)

Nah kalau sudah tahu apa saja hal yang dibolehkan dan tidak dibolehkan ketika di hutan, harus ditaati ya. Kelestarian Nah kalo yang ini sih yang kalian tunggu-tunggu. Hutan mangrove dapat memenuhi kebutuhan kalian dalam bermedia sosial. Wilayah hutan mangrove yang rimbun dan dikelola dengan baik akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Tidak sedikit wisata mangrove yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Jadi hutan mangrove ini dapat menjadi salah satu opsi kalian untuk menikmati waktu libur yah Sobat #KonservasYIARI.

Sekarang bagaimana? Sudah pada tersadar kan betapa pentingnya mangrove untuk lingkungan di sekitarnya? Perlu diingat, hal diatas merupakan sebagian kecil saja peran mangrove untuk lingkungan sekitarnya. Jadi, masih banyak banget manfaat yang dihasilkan dari hutan mangrove untuk lingkungan. Yuk sama-sama kita jaga kelestarian hutan mangrove agar selalu memberikan manfaat untuk kehidupan. Jaga Mangrove, Selamatkan Bumi!

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Referensi :
https://lindungihutan.com/blog/hutan-mangrove/
https://www.kompas.com/sains/read/2021/09/02/123200323/7-manfaat-hutan-mangrove-bagi-lingkungan-dan-kehidupan
https://lindungihutan.com/blog/manfaat-hutan-mangrove/

Ravy Nur Aziz

Dukung satwa-satwa dilindungi Indonesia dengan membagikan kisah ini di sosial mediamu atau ikut berdonasi untuk satwa-satwa di pusat rehabilitasi kami dengan mengklik link di sini.

Kabar YIARI

7
Feb 23, 2024

Lowongan Kerja – Spesialis Manajemen Program – Bogor, Jawa Barat

DIBUTUHKAN SEGERA Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) adalah organisasi nirlaba yang bergerak dibidang upaya penyelamatan, perlindungan dan konservasi satwa liar Indonesia, khususnya satwa primata, seperti orangutan, kukang, monyet ekor...

Artikel Terkait