YIARI Dan BKSDA Lepas Tiga Orang Utan Ke Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya

Bisnis.com, KETAPANG – International Animal Rescue Indonesia atau Yayasan IAR (YIARI) melakukan pelepasan 3 orang utan rehabilitasi Resort Mentatai bekerja sama dengan Balak Konservasi dan Sumber Daya Alam Seksi Konservasi Kalbar.
Pelepasan yang kali pertama dilakukan ini menggandeng Balai Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya pada akhir bulan lalu. Dari siaran pers yang diterima Bisnis, pihak Yiari sebelumnya menyelamatkan 1 individu dari perkebunan warga di Sungai Awan Kiri, Delta Pawan, Kabupaten Ketapang pada Maret lalu.
Individu jantan dewasa berumur 25 tahun tersebut terusir dari habitatnya dan masuk ke kebun warga karena tempat tinggalnya sudah habis terbakar. Sedangkan dua individu lain diselamatkan saat berusia 2-3 tahun dari perkebunan kelapa sawit pada 2011 dan Oktober 2012 lalu.
“Di habitatnya, bayi orang utan hidup bersama induknya dari lahir hingga berumur 7 tahun. Ketika bayi orang utan ditemukan sendirian, hampir bisa dipastikan induknya sudah mati,” kata Manager Program YIARI Gail Campbell-Smith, baru-baru ini.
Pada saat ditemukan, salah satu individu ditemukan tanpa induknya oleh satpam perusahaan perkebunan kelapa sawit dan kemudian dilaporkan ke petugas BKSDA dan diserahkan ke YIARI.
Direktur Program YIARI Karmele Llano Sanchez mengatakan, proses rehabilitasi orang utan sangat panjang dan setelah pelepasan orang utan tersebut masih akan diikuti oleh tim monitoring di hutan dengan menggunakan alat raditracking selama 1 atau 2 tahun.
Menurutnya, kegiatan monitoring ini melibatkan beberapa warga di dusun-dusun sekitar titik pelepasan. Masyarakat sebelumnya telah mendapatkan peningkatan kapasitas melalui pelatihan monitoring dan observasi.
Sumber: http://kalimantan.bisnis.com/read/20160711/409/564870/yiari-dan-bksda-lepas-tiga-orang-utan-ke-taman-nasional-bukit-baka-bukit-raya

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit