Yeeeaaahhh! Akhirnya Muria Resmi Menjadi Kukang Liar

Muria adalah Kukang jawa (Nycticebus javanicus) betina ini dari penyerahan masyarakat ke Yayasan IAR Indonesia pada tahun 2010. Setelah menjalani proses rehabilitasi Muria dipindah kekandang habituasi terbuka di Gunung Salak – TNGHS pada Maret 2012 menggunakan radio collar untuk memudahkan dimonitor oleh team.
Setelah melalui proses habituasi selama tiga bulan, Muria dilepaskan dari kandang habituasi pada Juni 2012. Menjalani monitoring selama satu tahun lebih dengan pelepasan Radio collar pada tanggal 09 September 2013 Muria resmi menjadi Kukang liar.
Pada waktu di alam, tercatat Muria mengalami sedikit luka iritasi dileher sehingga ditangkap untuk menjalani penanganan medis.
Kondisi Muria dari hari ke hari semakin membaik. Muria telah berada di alam selama 14 bulan dan mampu bertahan hidup dengan memanfaatkan pakan alami yang ada anatar lain: nectar bunga kaliandra (Calliandra calothyrsus), serehan (Piper aduncum), getah jengkol (Archidendron pauciflorum), dan serangga. Bahkan Muria sempat terpantau kawin dengan kukang liar.

Proses upaya konservasi satwa untuk jenis Kukang mengembalikan kealam memanglah tidak mudah semudah kita “mengambil” dari alam. Satu ekor Kukang harus menjalani beberapa tahun untuk dapat kembali kehabitat alaminya.
Lebih Bijak Anda “Tidak Berburu, Membeli & Memelihara Kukang”

Salam Lestari
Ayut Enggeliah E.

Education & Media Staff

International Animal Rescue Indonesia

Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Ciapus, Bogor, Indonesia
Tel: +62 (0)251 8389232

yayasaniarindonesia.blogspot.com 

Untuk mengetahui informasi detail tentang Yayasan IAR Indonesia silahkan join di: 


Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit