Yayasan IAR Indonesia: “Mengembalikan Tidak Semudah Mengambil Dari Alam”.

Oleh: Ayut Enggeliah E.
Staff Edukasi dan Penyadartahuan Yayasan IAR Indonesia


Edukasi adalah sebuah tanggung jawab bersama semua masyarakat untuk menyampaikan sebuah informasi yang edukatif (mendidik), MEI (Multispecies Education International) adalah salah satu lembaga swadaya masyarakat yang berkantor di Bogor menyelenggarakan seminar terbatas di SMA Plus YPHB (Yayasan Persaudaraan Haji Bogor),  dengan tema “Learning To Share The Earth” bersama beberapa LSM Lingkungan antara lain Yayasan IAR Indonesia, Borneo Orangutan Survival Foundation dan Hutan Organik mengajak generasi muda ditingkat Sekolah Menengah Atas kelas X sebanyak 180 murid untuk lebih peduli terhadap bumi dan penghuninya salah satunya adalah satwa liar.
                Tema materi yang disampaikan oleh Yayasan IAR Indonesia dalam kegiatan pada tanggal 30 Oktober 2012 adalah “Mengembalikan Tidak Semudah Mengambil Dari Alam”. Aris Hidayat sebagai salah satu staff dari Yayasan IAR Indonesia menyampaikan bahwa permasalahan satwa liar terutama jenis primata adalah masalah bersama tidak hanya menjadi masalah pusat rehabilitasi saja, alangkah lebih bijak kita sebagai manusia dapat menghargai alam dan penghuninya dengan hidup berdampingan tanpa mengganggu satu sama lain. Bukan menjadi sebuah penyelesaian pada saat satwa masuk proses rehabilitasi karena selain waktu, energy dan biaya yang dikeluarkan untuk rehabilitasi ternyata tidak sedikit, kenyataanya tidak semua satwa yang direhabilitasi dapat dikembalikan kealam liar karena masalah sulitnya mendapatkan lokasi pelepasliaran tetapi juga masalah kesehatan, tidak sedikit satwa yang terlanjut keluar habitat sudah cacat fisik sehingga tidak dapat dilepasliarkan kembali.
                Hal yang paling mudah untuk menghargai alam adalah sebarkan informasi tentang lingkungan kepada banyak orang bahwa dengan menghargai alam sama saja menghargai diri sendiri adalah “Peduli Itu Tidak Membeli – Peduli itu Tidak Memelihara – Peduli itu Tidak Menyakiti”.

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit