Warga Serahkan Orangutan ke BKSDA Sukadana

Sukadana (Antara Kalbar) – Seorang warga Desa Banyu Abang Kecamatan Teluk Batang  menyerahkan secara sukarela satu individu orangutan peliharaan ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSD) Resort Sukadana.
“Pada sabtu yang lalu, diinformasikan bahwa ada orangutan di desa banyu Abang, sebelumnya memang disampaikan bahwa orangutan tersebut akan diserahkan tapi tidak mengetahui harus menghubungi siapa,” ujar Kepala Resort Sukadana dan Cagar Alam Kepulauan Karimata, Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Barat Urai Iskandar.
Bersama Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI), tim  BKSD Resort Sukadana mengevakuasi hewan yang dilindungi tersebut untuk direhabilitasi sebelum akhirnya nanti di lepasliarkan.
“Pada saat itu dia (pemilik orangutan) menyelamatkan orangutan di lingkungan tempat tinggalnya, kemudian sempat dibuatkan kandang, sebelum pada akhirnya orangutan tersebut diserahkan kepada kita,” jelasnya.
Mengenai orangutan tersebut, dikatakan salah satu dari tim rescue YIARI Ulfa, hewan yang memiliki nama latin  Pongo Pygmaeus tersebut masih memiliki sifat liar yang cukup baik dan dalam keadaan sehat saat di selamatkan.
“Ini jenis kelaminnya betina, umurnya kurang lebih 3 tahun, untuk kesehatannya cukup bagus,” kata dia.

 

Sumber : https://kalbar.antaranews.com/berita/352280/warga-serahkan-orangutan-ke-bksda-sukadana

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit