Update: IAR Indonesia Evakuasi Orangutan Yang Terbakar

Lagi!! Berita menyedihkan dari satu ekor orangutan Kalimantan (Pongo pygmaeus) yang kehilangan habitat alami masuk ke perkampungan warga di desa Wajok Hilir Pontianak Kalimantan Barat, karena ketidak pahaman warga bagaimana menghalau dan menangani Orangutan akhirnya berusaha mengusir dari perkebunan kelapa sawit dan membakar pohon kelapa dengan posisi Orangutan masih diatas pohon kelapa. Orangutan tersebut terbakar hidup-hidup dalam keadaan panik warga inisiatif menebang pohon kelapa untuk menyelamatkan Orangutan malang tersebut.
Bersama BKSDA Kalimantan Barat dan Program Rehabilitasi Orangutan Ketapang IAR Indonesia sekarang masih dalam proses penyelamatan (rescue) Orangutan tersebut.
Kondisi terakhir Orangutan dalam keadaan kritis dengan kondisi luka bakar 60% dan dehidrasi berat, Tim medis dari IAR Indonesia sedang memberikan pengobatan medis terhadap Orangutan untuk memastikan stabil dan siap untuk dilakukan pemindahan sementara ke Pusat Rehabilitasi Orangutan Ketapang IAR Indonesia untuk menjalani pengobatan medis lebih intensive pada luka bakar dan dehidrasi berat dan rehabilitasi bagi Orangutan tersebut.
Bahwa permasalahan utama pada Orangutan yaitu perdagangan adalah semakin menipisnya habitat menjadi areal kelapa sawit. Semua pihak baik dari pemerintah dan lembaga lingkungan permasalahan Orangutan adalah menjadi tanggung jawab bersama, karena kasus terbakarnya Orangutan adalah salah satu contoh bahwa kurangnya informasi dan penyadartahuan kepada masyarakat sekitar kawasan tentang arti penting keberadaan Orangutan dan habitat alami Kalimantan sebagai kekayaan biodiversity dunia.
Semoga proses penyelamatan (rescue) berjalan lancar dan cepat sehingga Orangutan bisa langsung tertangani dan selamat di Pusat Rehabilitasi Orangutan Ketapang IAR Indonesia

Oleh: Ayut Enggeliah E.
Staff Edukasi dan Penyadartahuan IAR Indonesia

Yay IAR Indonesia menerima donasi untuk penanganan Orangutan terbakar pada rekening:
YAY IAR INDONESIA
Bank Mandiri Cab Ketapang No. 095-3052021
Bank BCA Cab Ketapang    No. 895-5018288

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit