Translokasi kukang di Gunung Sawal, Ciamis Jawa Barat

Rabu,17 September lalu, tim SRM (Survey Release Monitoring) kukang YIARI melakukan translokasi atau pemindahan tiga ekor kukang jawa (Nycticebusjavanicus) ke kandang habituasi yang terletak di hutan Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat.
Kukang di Kandang Habituasi SMGM
Proses translokasi dilakukan bersama-sama tim dari BKSDA (balai konservasi sumberdaya alam). Jawa Barat bidang III Ciamis dan Pak Warid selaku kepala resort. 
Tim SRM YIARI Membawa Kukang Menuju Kandang Habituasi
Lokasi Pelepasliaran Kukang di SMGS
Masyarakat mendukung adanya pelepasliaran kukang di daerah mereka. Hal ini terlihat dari penyelenggaraan perayaan (selametan)sebelum dan setelah acara traslokasi selesai. Tokoh masyarakat dan tokoh agama ikut dalam acara perayaan/selametanini. Warga berharap kukang akan selamat hidup di alam bebas dan tidak ada lagi penjualan kukang untuk dipelihara.
Acara Selametan Setelah Translokasi Kukang
Ketiga kukang tersebut merupakan hasil sitaan BKSDA Jawa Barat pada operasi penegakan hukum perdagangan satwa liar di Tasikmalaya. Barang bukti berupa 21 ekor kukang jawa telah dititiprawatkan di YIARI. Satu dari kukang-kukang tersebut mati akibat malnutrisi selama di tangan pedagang. Sembilan dari kukang-kukang tersebut telah dilepasliarkan dan masih dimonitoring di habitat hutan Taman Nasional Gunung Halimun Salak secara bertahap sejak Juni 2014 hingga sekarang. Sebagian lainnya yaitu sepuluh ekor akan dilepasliarkan secara bertahap di habitat hutan Suaka Margasatwa Gunung Sawal di Ciamis.

 
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit