Tangan Kiri “Mawar” Diamputasi



Tangan Kiri “Mawar” Harus Diamputasi

Oleh:
Karmele Llano Sánchez, BVSc, MSc
Direktur Eksekutif Yayasan IAR Indonesia



Tim monitoring dari Yayasan IAR Indonesia beberapa hari yang lalu menemukan “Mawar” adalah individu Kukang jawa betina di lokasi pelepasliaran dikawasan  TNGHS (Taman Nasional Gunung Halimun Salak), kukang betina ini yang mengalami cedera serius di tangan kirinya. “Mawar” adalah salah satu individu Kukang jawa yang sudah dilepasliarkan oleh Yayasan IAR Indonesia kehabitat alami sejak bulan Juli 2012, dilihat dari lukanya besar kemungkinan “Mawar” terperangkap jerat yang biasa digunakan pemburu untuk berburu satwadikawasan tersebut.
Lukanya cukup parah dan, tim medis sudah berupaya melakukan pengobatan yang terbaik untuk menyelamatkan tangan Mawar, tetapi sangat disayangkan luka tersebut cukup nekrotik dan sayangnya tim medis harus mengamputasi beberapa hari lalu karena untuk mencegah efek infeksi menyebar kebagian anggota tubuh lainnya.
Yayasan IAR Indonesia saat ini sedang melakukan perawatan intensif 2 individu satwa Kukang jawa di Pusat Rehabilitasi IAR Ciapus Bogor dan “Pelangsi” Orangutan di Pusat Rehabilitasi dan Konservasi Orangutan IAR Ketapang. Kami berharap “Mawar” dan “Pelangsi”, akan mendapatkan pemulihan yang baik paska menjalani operasi, dan kemudian dia juga akan dirawat dalam pengawasan tim medis untuk melihat seberapa baik untuk belajar mengatasi cacat barunya.
Perburuan satwa adalah satu dari banyak permasalahan Kukang selama ini selain makin menipisnya habitat alami dialam, bisa dipastikan kukang yang diperdagangkan adalah hasil tangkapan dari alam dan dalam keadaan gigi taring yang sudah terpotong atau dicabut oleh pemburu. Masalah besar bagi Kukang karena gigi taring adalah alat utama untuk bertahan hidup dialam untuk mencari makan.


“Semakin banyak angka permintaan Kukang dipasar otomatis angka perburuan juga meningkat”
Stop Beli Kukang, karena Kukang bukan hewan peliharaan.

Yayasan International Animal Rescue (IAR) Indonesia
Winar (Indah Winarti)
Slow Loris Conservation Program – Coordinator
+62-8562100915

Website: internationalanimalrescue.org
Blog: yayasaniarindonesia.blogspot.org

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit