Selamat Dari Kebakaran, 3 Orangutan Akhirnya Pulang Ke Rumah

Kabar24.com, JAKARTA – Tiga orangutan yang diselamatkan dari kebakaran hutan di Kalimantan beberapa waktu lalu dikembalikan ke alam liar di Kalimantan minggu lalu.

Karmele Llano Sanche, Direktur International Animal Rescue untuk Indonesia melakukan perjalanan selama tiga hari dengan menggunakan mobil, kapal dan menyusuri hutan Kalimantan guna melepaskan ketiga hewan tersebut di Taman Nasional Bukit Raka Bukit Raya.

“Sangat luar biasa rasanya melihat orangutan sebesar itu bergerak bebas di hutan, ini adalah rumahnya, rumah, kembali ke rumah,” kata Sanche seperti dikutip dari Reuters, Jumat (1/7/2016).

Sabtu (25) diselamatkan pada Maret 2015 dari sebuah desa dekat pos International Animal Rescue (IAR) di Ketapang, Kalimantan Barat, salah satu area paling terdampak akibat kebakaran tahun lalu.

Butan dan Marsela masing-masing berusia sekitar tujuh dan delapan tahun juga diselamatkan oleh IAR ketika rumah mereka dilalap api.

Deforestasi hutan dan pembersihan lahan untuk digunakan sebagai bahan bubur kertas dan perkebunan kelapa sawit telah mempersempit habitat orangutan Kalimantan dan Sumatra. Sering kali sejumlah perusahaan melakukan pembakaran untuk pembersihan lahan.

Orangutan merupakan binatang yang terancam punah. Saat ini, hanya ada 60,000 orang utan di alam liar.

Sumber: http://kabar24.bisnis.com/read/20160701/79/563309/selamat-dari-kebakaran-3-orangutan-akhirnya-pulang-ke-rumah

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit