Satu Lagi, Orangutan Diselamatkan dari Warga

Landak, reportasenews.com – Internasional Animal Rescue Indonesia kembali menyelamatkan satu orangutan peliharaan dari Desa Rabak, Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak.

Orangutan jantan ini bernama Kotap, dan berusia sekitar empat tahun. Baco, pemiliknya, telah memelihara Kotap selama tiga tahun.

Sebelumnya, pihak BKSDA sudah mendatangi Baco dan meminta dia untuk menyerahkan orangutan tersebut. Namun Baco menolak dan setelah beberapa kali diberikan pemahaman, Baco akhirnya mau menyerahkan Kotap.

Baco mengaku mendapatkan orangutan ini dari tetangganya yang kebetulan bertemu di Ketapang. Baco tidak sengaja melihat kotak yang dibawa oleh tetangganya.

Ketika dilihat isinya, ternyata kotak itu berisi bayi orangutan. Temannya menawarkan orangutan itu untuk dipelihara oleh Baco. Dan Baco mengiyakan.

Selama dipelihara Kotap diberi makan layaknya manusia. Makanan yang paling disukainya adalah mi instan mentah dan minuman sachet.

Padahal hal ini sangat berbahaya bagi kesehatan orangutan. Selain itu, Kotap juga diberi makan roti dan nasi, serta lauk-pauknya.

“Satwa orangutan ini diberi makanan seperti indomie, roti dan buah dan telah dirawat selama kurang lebih tiga tahun,” kata kepala SKW III Balai KSDA Kalimantan Barat, Dani Arief W.

Selama dua tahun terakhir ini, Kotap dipelihara dalam kandang berukuran 1 x 1 meter di depan rumah. Kotap dikandangkan karena takut kalau dilepas akan menganggu tetangga sekitar.

Saat ini Kotap berada di dalam kandang transit di kantor Balai KSDA Kalbar dan akan dibawa ke Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi IAR Ketapang untuk menjalani rehabilitasi. (das)

 

Sumber : http://reportasenews.com/saru-orangutan-diselamatkan-warga/

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit