Orangutan Rescue

DSC_2107
Nasib orangutan di Indonesia telah mencapai tahap kritis, dengan ancaman serius terhadap kelangsunganhidupnya. Satwa ini menderita dan mati karena penghancuran hutan hujan tropis secara sistematis,terutama untuk produksi minyak sawit, khususnya di Pulau Kalimantan.

What We Do

Tim Yayasan IAR Indonesia bekerja di Kalimantan Barat untuk menyelamatkan dan merawat bayi orangutan yang induknya telah diambil untuk dijual secara ilegal sebagai hewan peliharaan serta menyelamatkan orangutan dewasa yang sepanjang hidupnya dipelihara oleh warga masyarakat, dirantai atau dipenjarakan di kandang kecil. Tim respon konflik manusia-orangutan (HOC-RT – Human Orangutan Conflict Response Team) kami juga membantu orangutan yang tersingkir dari rumah hutannya ketika adanya pembukaan hutan serta mentranslokasi mereka ke daerah yang aman di hutan lindung atau taman nasional. Ketika kami pertama kali memulai proyek ini pada tahun 2009 kami menggunakan pusat transit yang kecil di Ketapang sebagai fasilitas penyelamatan sementara. Pusat transit ini menjadi penuh dalam waktu singkat sehingga ada kebutuhan mendesak untuk mempunyai pusat penyelamatan yanglebih besar dan lengkap
Berkat kemurahan hati para donatur, kami mampu membeli 24 hektar tanah di Sungai Awan dan pada awal 2012 kami mulai membangun Pusat Penyelamatan dan Rehabilitasi Orangutan. Kemudian kamimengumpulkan dana yang cukup untuk membeli lebih 42 hektar lahan dan memperluas situs asli. Orangutan yang diselamatkan dipersiapkan untuk dilepas kembali ke kawasan hutan lindung atau taman nasional dan setiap satwa yang tidak bisa lagi bertahan hidup di alam liar akan diberikan rumah permanen di pusat penyelamatan.

Our Aims

Proyek ini merupakan salah satu proyek yang ambisius tapi kami berkomitmen untuk menyelamatkan dan merehabilitasi sebanyak mungkin orangutan dan memberi mereka kesempatan kedua untuk hidup aman dalam lingkungan alam mereka.

Leave a Reply