Orangutan di Kelik Buntu Memasuki Perkebunan Warga

by in Blog, Orangutan Diary 6 February, 2012

sarang tidur orangutan
Kamis 19 Januari 2012, tim dari YIARI Ketapang melakukan survey di perkebunan milik warga yang tinggal di Kelik Buntu (sekarang disebut Kali Baru). Sebelumnya tim mendapatkan laporan bahwa ada orangutan yang masuk ke perkebunan tebu dan buah-buahan milik warga setiap 4-5 hari sekali.
Sayangnya saat tim datang ke lokasi, orangutannya sudah kembali masuk ke hutan rimba yang lokasinya terletak di bagian belakang kebun warga. Namun, tim masih dapat melihat ‘jejak’nya melalui bekas sarang tempat mereka tidur baik yang baru ataupun yang lama.
Tim juga tidak dapat bertemu dengan orangutan dikarenakan luas hutan yang cukup besar dan tipe hutan rawa yang membuat sedikit sulit untuk melakukan pencarian.
Sampai saat ini tim belum mengetahui kenapa orangutan tersebut keluar dari hutan dan mendatangi perkebunan warga. Kemungkinan besar mereka datang untuk mencari pakan karena kekurangan stok pakan di hutan.
Hal inilah yang sering memicu masyarakat untuk berpikir bahwa orangutan adalah ‘hama’ bagi perkebunan mereka. Hama?! Benarkah? Sebaiknya kita bisa melihat dari sudut pandang lain bahwa mereka datang ke perkebunan untuk mencari makan karena tidak ada makanan lagi di hutan.
Kenapa tidak ada makanan lagi di hutan? Tingkat kerusakan hutan yang tinggi terutama karena pembukan lahan untuk dijadikan perkebunan dan illegal logging membuat orangutan kehilangan tempat tinggal dan tempat mencari makan. Mungkin itu sebabnya mereka datang ke perkebunan untuk mencari makan.
Seharusnya kita sebagai sesama makhluk hidup bisa hidup berdampingan dan tidak merugikan satu sama lain (IHP_EDU YIARI).


Leave a Reply