Monyet Buangan Serang Warga Pantai Indah Kapuk

by in Kliping Media, News 31 August, 2017

Trubus.id — Tim sukarelawan International Animal Rescue (IAR) Indonesia mengevakuasi seekor monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) dari perumahan elit Bukit Golf Mediterania, Pantai Indah¬†Kapuk, Jakarta Utara. Monyet tersebut diduga sengaja dibuang pemiliknya sehingga meresahkan masyarakat sekitar.

Dokter Hewan IAR Indonesia, Prameswari Wendi menjelaskan, evakuasi berawal dari laporan pengelola PIK terkait adanya monyet yang menyerang warga setempat. Sukarelawan IAR Indonesia kemudian mendatangi lokasi, dan mengevakuasi monyet jantan itu pada Kamis 24 Agustus lalu.

“Sudah dievakuasi, sekarang masih dikarantina,” ujar Wendi kepada Trubus.id di Bogor, Selasa (29/8/2017).

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim IAR Indonesia, monyet yang ditangkap diduga sengaja dibuang oleh pemiliknya. Dokter menemukan bekas jeratan rantai di bagian pinggang monyet malang tersebut.

“Kemungkinan tidak bisa beradaptasi dengan kelompok monyet liar di hutan Muara Angke, sehingga pergi ke permukiman dan menggangu warga,” katanya.

Monyet yang dievakuasi ini akan menjalani masa karantina selama enam minggu di pusat rehabilitasi satwa IAR Indonesia, Ciapus, Bogor. Selanjutnya, monyet akan direhabilitasi hingga bisa dilepas kembali ke alam liar. “Masa rehabilitasinya tergantung kondisi individu. Yang bikin lama itu, nyari kelompok yang cocok dengan monyet yang akan dilepas,” tutur Wendi.

“Lebih baik tidak usah pelihara satwa liar. Itu juga berpotensi menularkan penyakit,” kata Wendi.

Laporan reporter Trubusid, Mulvi

Leave a Reply

    Cart