Magang Mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB

Mahasiswa Kedokteran Hewan IPB (Institut Pertanian Bogor), Nadia Yulianti dan Esti Dhamayanti melakukan kegiatan magang di bagian klinik, kukang, dan macaca Yayasan IAR Indonesia selama 2 minggu.
Kegiatan di klinik meliputi:

1. Finger amputation (pemotongan di daerah jari). 
Pemotongan dilakukan karena terdapat luka terbuka pada daerah tersebut, tujuannya untuk mencegah masuknya bakteri yang dapat menimbulkan penyebaran infeksi di daerah jari.

2. Dental extraction atau pencabutan gigi adalah operasi yang dilakukan karena adanya kerusakan pada gigi kukang. Kerusakan gigi dapat disebabkan adanya pembusukan pada gusi, atau akibat pemotongan/pencabutan gigi oleh pemiliknya dahulu

3. General examination, yaitu pemeriksaan pada seluruh kukang untuk mengetahui kondisi status kesehatan kukang tersebut dalam kandang.

4. Preparing medicine
kegiatan ini biasanya dilakukan sebelum melakukan pengobatan pagi dan sore bagi kukang yang terganggu kesehatannya atau butuh perlakuan khusus.
General Examination
Kegiatan selanjutnya yaitu kegiatan di bagian kukang, meliputi:
1. Pembersihan kandang
2. Pemberian Pakan
3. Observasi
4. Pemberian Enrichment

Cleaning cage atau Pembersihan kandang dilakukan pada sore hari lalu dilanjutkan pemberian pakan berupa buah-buahan, telur (jika perlu), dan serangga.

Observasi bertujuan untuk melihat perilaku kukang pada malam hari karena kukang merupakan binatang nocturnal atau binatang yang aktif di malam hari.

Pembuatan enrichment dilakukan pada malam hari, dapat berupa madu tersembunyi, rantai buah, atau beberapa bagian dari tanaman yang digantungkan di kandang kukang.

Nadia dan Esthi juga mengikuti kegiatan observasi di Habituasi. Kandang habituasi berada di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Kandang habituasi ini berfungsi sebagai tempat sementara bagi kukang untuk beradaptasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya.

Habituasi


Kegiatan di bagian macaca meliputi Observasi dan pembuatan Enrichment. Berikut enrichment yang dibuat tim rehabilitasi macaca YIARI.

Enrichment


Berbeda dengan kukang, observasi pada macaca dilakukan dua kali pada pagi hari jam 10 dan sore hari jam 2, dengan interval tiap 1 menit. Selain itu, dilakukan juga 
 Tuberculosis Test dan Vasectomi pada macaca. Tuberculosis Test pada macaca hampir sama dengan yang dilakukan pada kukang. Vasectomi adalah pemblokiran jalur sperma dengan penyuntikan campuran alkohol dan formalin pada caput epididimis. Vasectomi ini tidak menyebabkan hormon berhenti diproduksi pada testis.

Gusti Herawati
Education and Media Awareness

International Animal Rescue Indonesia
Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Ciapus, Bogor, Indonesia
Tel: +62 (0)251 8389232

yayasaniarindonesia.blogspot.com
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit