“Lisa” si Kukang sumatera (Nycticebus coucang) Menjalani Masa Habituasi Di Hutan Lindung Batutegi Lampung.

Oleh: Robithotul Huda
Koordinator Program Pelepasliaran dan Monitoring

Pada tanggal 10 Desember 2012 BKSDA Lampung,  Yayasan IAR Indonesia dan  KPHL Batutegi  mentranslokasi Kukang Sumatra (N.Coucang) hasil sitaan BKSDA Lampung ke kandang habituasi Hutan Lindung  Batutegi, Lampung. Kukang sumatera adalah salah satu dari 3 jenis yang dimiliki oleh Indonesia, 3 jenis ini merupakan dari 5 jenis Kukang didunia yang ditetapkan sebagai satwa terancam punah didunia Apendik I dari CITES.
Sebagai bangsa kita wajib berbangga akan kekayaan biodiversity Indonesia merupakan peringkat ke dua setelah Brazil terutama kekayaan jenis mamalia dan kelautannya. Termasuk jenis primata dari 5 jenis Kukang di dunia 3 diantaranya ada di Indonesia.
Selanjutnya kukang Sumatra betina yang diberi nama Lisa ini akan menjalani masa habituasi serta pemulihan kondisi fisiknya yang terlihat agak kurus hingga dia benar-benar siap untuk dikembalikan ke habitat aslinya yaitu Hutan Lindung Batutegi Lampung.
Tujuan pelepasliaran satwa liar jenis Kukang adalah merupakan salah satu upaya konservasi mempertahankan jenis species dihabitat alaminya setelah banyaknya masalah mulai dari perburuan, perdagangan sampai akhirnya nasip jenis satwa nocturnal ini susah untuk dilepasliarkan kembali karena pemburu dan pedagang selalu memotong bahkan mencabut gigi sebagai alat utama bertahan hidup dialam liar Kukang. Harapan baru bagi Lisa ini untuk melanjutkan regenerasinya dalam mengambil peran penting di alam sehingga terjadi keseimbangan ekosistem dan semoga akan tetap lestari. 
Mari peduli kepada kelestarian Kukang dengan berbuat kecil untuk kelestariannya, dengan tidak membeli Kukang!

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit