Lari dari Kebakaran Hutan, Orang Utan Borneo Diserang Warga Desa

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kelompak hak asasi binatang mengatakan, Selasa (10/11), orangutan Borneo dan bayinya yang berhasil kabur dari kebakaran hutan diserang oleh warga desa.

Keduanya ditemukan dalam keadaan tertekan dan saling berpegangan ketika warga lokal mencoba mengikat mereka sebelum diselamatkan International Animal Rescue (IAR).

“Sangat beruntung tim kami sampai di sana tepat waktu atau jika tidak orang utan itu sudah terbunuh,” ujar Karmele Llano Sanche, direktur program organisasi itu kepada AFP. “Ibunya terlihat sangat kurus karena tidak makan setidaknya satu bulan sejak kebakaran.”

IAR mengungkapkan, keduanya berhasil diselamatkan di Provinsi Kalimantan Barat, bulan lalu. Kini, sang ibu dan putri orang utan itu telah dibebaskan usai pemeriksaan medis.

Rusaknya habitat orang utan akibat kebakaran dan perluasa kebun kelapa sawit membuat tak sedikit di antara mereka yang lari ke pemukiman penduduk untuk mencari makan. Sayang, sejumlah warga tak suka dengan kehadiran orang utan-orang utan tersebut.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit