Kukang Rescue

P1050322aNasib Kukang

Kukang di Indonesia berada dalam bahaya kepunahan yang serius dan kelangsungan hidupnya terancam karena maraknya perdagangan illegal satwa liar. Memiliki mata yang besar dengan bulu yang lembut dan tebal, membuat primata nokturnal dengan postur tubuh kecil ini menjadi incaran untuk dijadikan hewan peliharaan. Kukang merupakan korban dari kegiatan jual beli satwa online yang videonya tersebar di Youtube. Ribuan ekor kukang ditangkap dari alam liar dan diperjualbelikan secara ilegal di jalanan atau di pasar hewan.

Gigi kukang dipotong oleh pedagang supaya mudah untuk ditangani. Hal itu mengakibatkan kukang kehilangan banyak darah dan mengalami infeksi sehingga menyebabkan kematian sebelum dijual. International Animal Rescue bergerak cepat melakukan penyelamatan dan rehabilitasi kukang di Indonesia. Pusat rehabilitasi International Animal Rescue di Ciapus, Bogor Jawa Barat menyediakan pengobatan spesialis untuk merawat kukang hasil sitaan di pasar atau serahan dari pemiliknya. Kunjungi halaman informasi perdagangan kukang untuk hewan peliharaan, supaya mengetahui lebih lanjut tentang perdagangan kukang dan bagaimana cara menanggulanginya

Tujuan Kami

Tujuan kami mengembalikan kukang ke alam liar sebanyak mungkin. Namun, banyak dari mereka yang giginya telah dipotong sehingga tidak lagi mampu untuk melindungi dirinya sendiri. Dokter spesialis gigi hewan membantu kami menentukan apakah gigi kukang tersebut dapat diperbaiki atau diganti. Kami juga menyediakan kandang permanen di pusat rehabilitasi untuk Kukang yang tidak bisa dilepasliarkan.

Bekerja sama dengan universitas dan ilmuwan kami melakukan penelitian, rehabilitasi, pelepasliaran kukang ke habitat alaminya. Sejumlah kukang hasil rehabilitasi International Animal Rescue dengan gigi utuh telah dilepasliar ke rumah asalnya di alam. Mereka dipasangi alat monitor radio-collar supaya tim bisa terus memantau keberadaan kukang di alam liar.

Kami juga bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pihak penegak hukum untuk menangkap pelaku perdagangan satwa liar dan membawanya ke pengadilan. Pendidikan masyarakat lokal dan penegakan hukum yang lebih baik sangat penting untuk menjaga keberlangsungan hidup primata yang terancam punah ini.