Kisah Kukar Si Orangutan Jalan-Jalan ke Kebun Kelapa

Liputan6.com, Sukadana – Kukar, si orangutan liar, tersasar ke perkebunan kelapa milik warga di Km 9 Siduk, Dusun Jejemik, Desa Riam Berasap, Kecamatan Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Orangutan jantan berusia 17 tahun itu diketahui keberadaannya setelah terlihat warga memakan pucuk kelapa di pinggir jalan seminggu lalu.

Warga lalu menghalau keberadaan Kukar agar kembali ke hutan. Kawasan hutan di Taman Nasional Gunung Palung memang hanya berjarak sekitar 100 meter dari tempat orangutan berada. Namun, mamalia itu masih bertahan di kebun warga.

“Hasil pengamatan terlihat kondisi satwa (orangutan) masih agresif dan liar,” kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Ketapang BKSDA Kalbar Ruswanto, Rabu, 19 Juli 2017.

Butuh waktu lama untuk mengevakuasi satwa yang dilindungi undang-undang itu. Untuk itu, Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan TSL – SKW I Ketapang, petugas Taman Nasional Gunung Palung bersama YIARI bersama-sama mengevakuasi orangutan tersebut dengan terlebih dulu dibius.

Saat tak sadar, hewan bernama latin Pongo pygmaeus itu kemudian dipindahkan ke kawasan Taman Nasional Gunung Palung, Desa Riam Berasap, Kecamatan Sukadana Kabupaten Kayong Utara.

“Taman Nasional Gunung Palung merupakan habitat asli Orangutan. Lokasi ini dipilih sebagai tempat pelepasliaran setelah melalui survei kondisi habitat, ketersediaan pakan dan animal welfare. Sewaktu pelepasliaran, kondisi sudah petang sehingga dokumentasi kurang maksimal,” ucap Ruswanto.

Ruswanto menjelaskan, penyelamatan Kukar merupakan upaya evakuasi orangutan ketiga kalinya sepanjang 2017. Ruswanto mengatakan kegiatan ini guna meningkatkan kelestarian satwa di habitat alaminya. Selanjutnya, petugas bakal memonitor dan mengevaluasi kondisi Kukar di habitatnya.

 

Sumber : http://regional.liputan6.com/read/3029153/kisah-kukar-si-orangutan-jalan-jalan-ke-kebun-kelapa

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit