Kandang Habituasi untuk Pra-Lepasliar Kukang

Tim Survey Release Monitoring (SRM) YIARI  memasang fiber untuk membuat kandang habituasi di kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat.
Tim Survey Release Monitoring (SRM) YIARI memasang fiber untuk membuat kandang habituasi di kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat.
kandang habituasi di Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat.
Kandang habituasi di Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

CIAMIS – Tim Survey Release Monitoring (SRM) Yayasan Inisiasi Alam Rehabilitasi Indonesia (YIARI) meningkatkan kapasitas fasilitas kandang habituasi untuk pra-lepasliar kukang di kawasan Suaka Margasatwa Gunung Sawal, Ciamis, Jawa Barat, Senin, 7 September 2015.

“Ukuran kandang habituasi yang berada di tengah hutan Gunung Sawal diperbesar supaya pergerakan kukang yang sedang menjalani proses adaptasi di habitat semakin luas,” ujar Supervisor SRM YIARI, Robithotul Huda.

Kandang habituasi merupakan rumah sementara kukang di tengah hutan untuk beradaptasi dengan habitat dan pakan alami sebelum dilepasliar. Bentuknya lahan bundar terbuka dikelilingi fiber plastik, di dalamnya tumbuh berbagai jenis pepohonan hijau untuk pakan dan tempat tidur kukang.

Huda mengatakan, setelah kukang menjalani proses rehabilitasi dan perilakunya sudah kembali liar, kukang tersebut kemudian ditranslokasi (dipindahkan) ke kandang habituasi untuk belajar mengenal habitat lepasliarnya.

“Di dalam kandang habituasi, kukang juga dipantau oleh tim monitoring untuk mengetahui perkembangan perubahan perilakunya. Apabila kondisinya bagus dan perilakunya kembali liar barulah kukang itu bisa dilepas ke habitatnya,” katanya.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit