Instagram Beri Peringatan untuk Foto Satwa Dilindungi

Instagram mulai memberikan peringatan untuk foto yang menampilkan hewan dilindungi. Pencarian foto hewan dengan hashtag (#) tertentu akan memunculkan peringatan yang berisi larangan eksploitasi hewan.

“Mulai hari ini, ketika seseorang mencari hashtag yang berkaitan dengan perilaku yang membahayakan hewan atau lingkungan, mereka akan melihat peringatan di layar. Penyalahgunaan hewan dan penjualan hewan yang terancam punah atau bagian dari itu tidak diperbolehkan di Instagram,” tulis Instagram di blog resminya.

Sebagian besar foto pengunjung tempat wisata memamerkan hewan sebagai alat peraga termasuk harimau, singa, koala, dan lumba-lumba. Namun menurut kelompok konservasi satwa liar tersebut kerap mendapatkan penyiksaan. Selain itu interaksi sehari-hari dengan manusia juga dapat memberikan trauma pada hewan.

Mengutip halaman CNN Money, Selasa (5/12/2017), untuk memberikan pemahaman akan hal tersebut, beberapa hashtag di Instagram seperti #koalaselfie, #lionselfie #koalahugs atau #tigerpet, akan diberikan peringatan sebelum penggunanya melihat koleksi.

Pengguna Instagram masih bisa melihat foto-foto lucu hewan tersebut dengan mengklik “Show Post”. Pengguna juga bisa membatalkan pencarian melalui pilihan “Cancel”.

"Content Advisory Page" yang muncul terkait postingan foto dengan satwa liar dilindungi. Foto: Instagram.com
“Content Advisory Page” yang muncul terkait postingan foto dengan satwa liar dilindungi. Foto: Instagram

“Perlindungan dan keamanan alam sangat penting bagi kita dan komunitas global kita. Kami mendorong setiap orang untuk memikirkan interaksi dengan binatang liar dan lingkungan untuk membantu menghindari eksploitasi dan melaporkan setiap foto dan video yang mungkin Anda lihat yang mungkin melanggar pedoman komunitas kami,” imbuh Instagram.

Meski demikian, Instagram bukanlah media sosial pertama yang ikut dalam memperhatikan hewan dilindungi. Pada Juli lalu, aplikasi kencan Tinder juga meminta pengguna untuk tidak menggunakan foto selfie dengan harimau di profil mereka atas desakan kelompok pemerhati satwa, PETA.

Jurnalis Okezone.com, Moch Prima Fauzi.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit