IAR Indonesia: Materi Kepada Pengamanan Hutan swakarsa KPH Batutegi, Tanggamus Lampung

IAR Indonesia Memberikan materi tentang penyelamatan dan rehabilitasi Satwa Liar dalam kegiatan penyegaran dan pembekalan Pengamanan Hutan swakarsa KPH Batutegi, Tanggamus Lampung

Oleh: Robitotul Huda

Perlindungan dan Penyelamatan Satwa Liar terutama yang dilindungi dalam kawasan Hutan tidak bisa terlaksana jika tidak ada kerjasama dari seluruh unsur masyarakat, pemerintah, masyarakat sekitar kawasan, pengelola kawasan, serta lembaga-lembaga pemerhati lingkungan yang lain.
Masyarakat sekitar kawasan hutan merupakan ujung tombak dari terjaganya kawasan hutan yang lestari serta terbatasnya personel pemangku kawasan hutan, maka dari itulah KPH Batutegi membentuk tim Pengamanan Hutan (PAMHUT) Swakrsa.
Pada Tanggal 06 September 2012, KPH Batutegi mengadakan Kegiatan Penyegaran dan Pembekalan PAMHUT Swakarsa di Pulau Panggung, Batutegi, Tanggamus Lampung.
Jumlah Peserta yang hadir kurang lebih 150 orang yang mewakili dari beberapa GAPOKTAN (Gabungan kelompok Tani) sekitar Kawasan Hutan KPH Batutegi.
Hadir pula Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Lampung dan Perwakilan dari BKSDA Lampung.
Dalam kegiatan tersebut, dalam kesempatan ini IAR Indonesia memberikan pengetahuan tentang penyelamatan dan rehabilitasi satwa liar kepada para peserta. Hal ini merupakan hal yang sangat positif karena masyarakat sekitar kawasan akan lebih mengetahui tentang perlindungan kawasan hutan sebagai habitat Satwa Liar terutama yang dilindungi.
Selain itu kesadaran masyarakat sekitar kawasan hutan untuk menjaga kawasan hutan sangat diperlukan karena sebenarnya peran merekalah yang sangat penting dalam upaya kelestarian kawasan hutan.
Selain IAR Indonesia, BKSDA lampung juga memberikan materi tentang teknik memadamkan kebakaran dalam hutan dan pemanfaatan kawasan hutan dengan pengembangan lebah madu Oleh APIDA.
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit