Gara-gara Siamang Lepas, Jatinegara-Cakung Macet Parah

Oleh : Bayu Adi Wicaksono, Anwar Sadat    |    Selasa, 19 April 2016 | 22:58

VIVA.co.id – Seekor monyet jenis siamang bikin geger warga di pemukiman padat penduduk di Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur.

Monyet berwarna hitam legam itu, lepas dari kandang milik seorang warga dan membuat kegaduhan sehingga menyebabkan arus lalu lintas menjadi macet.

Berdasarkan pantauan VIVA.co.id, Selasa, 19 April 2016, siamang yang memiliki tinggi sekitar 1 meter itu, bergelayut di atas kabel listrik dan pohon. Sesekali, siamang juga terus mengeluarkan suara keras hingga terdengar dari jarak 100 meter.

“Kita dapat laporan dari warga, cuma karena monyet jenis ini selalu berpindah-pindah dari satu pohon ke pohon lainnya jadi kita mengalami kesulitan,” kata koordinator lapangan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Timur, Suryadi.

Foto: Siamang di kebal listrik, Selasa 19 April 2016.

Akibat banyaknya warga dan pengguna jalan yang ingin melihat aksi monyet itu, lalu lintas dari arah Jalan I Gusti Ggurah Rai, Jatinegara, menuju Penggilingan, Cakung, mengalami macet parah. Kemacetan terpantau mulai dari wilayah Klender hingga ke depan Gedung Pengadilan Negeri, Jakarta Timur.

Hingga malam ini, puluhan petugas gabungan dari Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (PKP) serta Sudin Perindustrian dan Energi Jakarta Timur terus berupaya menurunkan hewan tersebut dengan berbagai peralatan yang dimiliki.

Diketahui di Indonesia, siamang jadi hewan yang terancam punah dan merupakan salah satu primata yang termasuk dalam jenis hewan dilindungi berdasarkan undang-undang nomor 5 tahun 1990 dan PP nomor 7 tahun 1999 dan tidak boleh dipelihara secara individu.

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit