Hutan untuk Masa Depan #ForestsforFuture

by in Blog, Updates 15 August, 2019

Hutan hujan di Kalimantan merupakan rumah bagi spesies kera besar kharismatik; orangutan. Tidak hanya itu, hutan hujan juga penting bagi kesehatan masyarakat, dan kestabilan iklim bumi kita.

“Kita semua membutuhkan hutan untuk masa depan kita dan generasi kita.”

Untuk itulah Health In Harmony bersama International Animal Rescue bekerja sama menggalang donasi hingga 30 September 2019 untuk melindungi kawasan hutan di Bukit Baka Bukit Raya, salah satu habitat orangutan yang masih tersisa. Tidak hanya hutan dan satwa di dalamnya, tetapi juga masyarakat yang ada di sekitarnya.

Kolaborasi penggalangan donasi ini berupaya untuk membangun dan menerapkan solusi yang bermanfaat bagi masyarakat, orangutan dan hutan. Bersama dengan Health In Harmony, kami merehabilitasi hutan dan populasi orangutan melalui kombinasi reintroduksi dan pemantauan spesies serta perawatan kesehatan, mata pencaharian alternatif dan program pendidikan bagi masyarakat setempat.

Siswa dari desa penyangga TNBBBR harus menaiki perahu untuk menuju ke sekolah.

Salah satu aspek penting dari kerja sama ini adalah penyediaan layanan kesehatan yang dapat diakses oleh masyarakat. Selama 10 bulan terakhir, tim medis telah melihat lebih dari sepertiga populasi masyarakat lokal dan belasan bayi sehat telah dilahirkan di daerah yang sebelumnya memiliki tingkat kematian ibu dan bayi yang sangat tinggi.

Berkat kemitraan yang menyelamatkan jiwa ini, keluarga yang tinggal di pinggiran kawasan hutan Bukit Baka Bukit Raya akhirnya mendapatkan bantuan medis yang mereka butuhkan. Ini berarti mereka tidak lagi harus menebang pohon untuk membayar perawatan medis. Bersama-sama, kita bisa menyelamatkan hidup dan menyelamatkan hutan hujan.

Bagaimana donasi akan dipergunakan?

Masyarakat yang tinggal di dekat kawasan hutan Bukit Baka Bukit Raya membutuhkan akses ke layanan kesehatan ibu dan anak serta pelatihan pertanian berkelanjutan agar mampu menghentikan penebangan hutan yang berharga ini.

Semua hasil dari kampanye #ForestsforFuture yang kami lakukan ini, akan membantu masyarakat melepaskan diri dari ketergantungan pada pembalakan liar, beralih ke mata pencaharian alternatif yang berkelanjutan dan hidup selaras dengan hutan. Upaya ini sangat penting jika kita ingin melanjutkan pekerjaan kita dalam melepasliarkan orangutan yang telah diselamatkan dan direhabilitasi ke habitatnya.

Orangutan hasil rehabilitasi yang telah dilepasliarkan di TNBBBR. Foto: Heribertus Suciadi/IAR Indonesia.

Dengan donasi Anda hari ini, Health In Harmony dan International Animal Rescue akan membangun layanan kesehatan dan mengadakan pelatihan pertanian berkelanjutan sebagai salah satu solusi untuk mengakhiri deforestasi, mengembalikan orangutan yang diselamatkan ke habitatnya, mendorong populasi mereka cukup untuk bertahan hidup, dan melakukan survei dan monitoring untuk memastikan mereka berkembang di hutan hujan esensial ini.

Dukungan Anda hari ini untuk menciptakan hutan yang sehat bagi orangutan, komunitas, dan Anda.

Leave a Reply

    Cart