Edukasi di Cianjur dan Tangerang Selatan

Oleh IHp_Edukasi
Akhir Mei 2012, tim edukasi menghadiri kegiatan yang diselenggarakan oleh Jakarta International School, Service Providers’ Appreciation. Kegiatan tersebut diperuntukan sebagai tempat untuk memperluas jaringan antar pihak sekolah dan lsm.
Beberapa sekolah yang datang adalah sekolah informal seperti sekolah untuk anak-anak jalanan, sekolah yang memberi training mengenai pertanian organik termasuk juga panti asuhan dan Yayasan kanker anak. Sementara lsm yang datang kebanyakan bergelut di bidang sosial dan lingkungan, menangani anak-anak dan mengelola sampah.
Dengan misi yang sama yaitu memberi pengetahuan kepada anak-anak Indonesia, tim edukasi Yayasan IAR Indonesia (YIARI) bekerjasama dengan beberapa sekolah dan lembaga untuk melakukan edukasi.
Dua sekolah yang telah didatangi untuk diberikan edukasi di awal bulan Juni ini adalah The Learning Farm dan Sekolah Muslim Asia Afrika.

Sedang mengisi kuisioner
The Learning Farm
Sekolah informal yang bertujuan mengajarkan keahlian bertani organik ini terletak di daerah yang cukup dingin, Cianjur. Tim edukasi datang untuk memberikan edukasi pada tanggal 12 Juni 2012.
Kegiatan edukasi dilakukan pada pukul 10.00 pagi. Sebelum presentasi dimulai dilakukan pengisian kuisioner bagi para peserta, hal yang sama juga dilakukan setelah diberikan presentasi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana mereka menyerap ilmu yang diberikan.
Sesi presentasi dimulai dengan penjelasan mengenai kesejahteraan satwa dan perbedaan satwa liar dan jinak. Lalu diikuti dengan sesi diskusi. Sesi diskusi berlangsung cukup lama karena banyak yang bertanya, terutama yang berhubungan dengan satwa yang ada di perkebunan.
Dari hasil kuisioner yang dikumpulkan terlihat ada penambahan pemahaman yang mereka dapat dari presentasi dan diskusi. Mereka lebih bisa membedakan satwa liar dan jinak, tahu apa saja yang dapat membuat satwa sejahtera serta bahwa mereka tidak boleh membeli kukang dan beberapa fakta tentang topeng monyet.
Sekolah Muslim Asia Afrika
foto bersama murid-murid Sekolah Musika
Pada tanggal 14 Juni 2012 tim edukasi bertamu ke sekolah SD dan SMP yang terletak di daerah Tangerang Selatan, Musika.
Kegiatan edukasi yang dilakukan di aula masjid sekolah diawali dengan meneruskan kegiatan murid-murid yang sedang berlangsung. Saat itu sedang dilakukan presentasi hasil ‘baju’ dari daun kering dan puisi. Ayut, salah seorang tim edukasi meneruskan acara sambil sedikit-sedikit menyisipkan informasi mengenai alam.
Selanjutnya dilakukan pemutaran film ‘Turtle World’ (http://www.youtube.com/watch?v=nZpaPwTIRlY). Film yang bercerita tentang sekelompok monyet yang tinggal di punggung seekor penyu yang sedang terbang. Monyet diibaratkan sebagai manusia dan punggung penyu sebagai bumi. Disana monyet-monyet tersebut menebang pohon sampai benar-benar habis sehingga Si Penyu jatuh ke laut.
Lalu dilakukan presentasi singkat mengenai kesejahteraan satwa dan terakhir dilakukan sesi tanya jawab dimana setiap murid yang menjawab akan diberi stiker dan poster.


Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit