“Choki” Bukan Bayi Manusia

Oleh: Ayut Enggeliah E.

Staff Edukasi dan Penyadartahuan Yayasan IAR Indonesia

Choki si Monyet ekor panjang (Macaca fascicularis) berumur 21 bulan menjadi penghuni baru Yayasan IAR Indonesia minggu ini, Choki adalah Monyet ekor panjang jantan muda (Juvenil) diserahkan hari Jum’at 25 Januari 2013 oleh seorang Ibu muda dari Bekasi… Perlakuan dari pemilik terhadap MEP ini tidak jauh berbeda seperti bayi manusia, sejak bayi dibeli dari pedagang si Choki diberi makan bubur bayi, susu formula dan menggunakan popok bayi (disposal) sekali pakai jelas hal ini sangat tidak sesuai dengan perilaku alami satwa liar dialam.
Harus dibedakan bahwa satwa jenis primata adalah bukan satwa peliharaan dan dalam memperlakukan satwa juga tidak dapat disamakan seperti bagaimana kita memperlakukan sama seperti manusia.

Selanjutnya Choki akan melalui proses karantina dengan menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum akhirnya di gabungkan dengan penghuni lain dikandang sosialisasi sehingga layak untuk segera menjadi kandidat (release) dilepasliarkan di kawasan TNUK (Taman Nasional Ujung Kulon).

Mari menghargai satwa liar dengan tidak memelihara Monyet Ekor Panjang karena mereka rumahnya di Hutan…

Ayut Enggeliah Entoh.

Staff Eduksi dan Permberdayaan Yayasan IAR Indonesia

Untuk mengetahui informasi detail tentang Yayasan IAR Indonesia silahkan join di: 

http://www.facebook.com/pages/Yayasan-IAR-Indonesia/383008065122321

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit