Cheetah, Kucing atau Monyet????

Hal pertama yang terlintas jika kita mendengar nama “Cheetah” adalah sejenis kucing liar besar yang dapat berlari dengan sangat cepat saat dia memburu mangsanya. Eit! Tapi tunggu dulu “Cheetah” yang satu ini bukanlah seperti yang anda duga. “Cheetah” yang ini adalah nama dari seekor Monyet Ekor Panjang yang baru saja direscue oleh tim dari IAR Indonesia pada tanggal 23 Maret 2011 kemarin.
Tim yang beranggotakan Sharmini, Wawan dan Richard datang ke daerah Bogor Asri tempat pemilik Cheetah berada karena mendapatkan telepon dari pemilik Cheetah yang ingin menyerahkannya karena sifatnya yang semakin agresif.
Cheetah dibeli di Pasar hewan Jakarta saat dia masih kecil bersama-sama dengan monyet betina  yang sudah diberikan kepada orang lain oleh pemiliknya. Sepertinya Cheetah di rantai sewaktu kecil karena dia memiliki bekas luka di sekitar pinggang. Kondisi tubuh Cheetah saat direscue baik meskipun dia dikurung di dalam kandang burung yang tidak teralu besar. Dia diberi makan nasi, buah dan sayur oleh pemiliknya.
Cheetah sudah dipelihara selama 7 tahun sebelum akhirnya menjadi agresif seperti saat ini. Menurut
Dokter hewan Sharmini perilaku ini kemungkinan disebabkan oleh aktivitas seksual dalam tubuh monyet tersebut meningkat (dia semakin dewasa).
Cheetah sangat agresif sehingga dokter hewan Sharmini perlu memberikan obat bius untuk mempermudah memasukan Cheetah ke dalam kandang transport.
Tim juga membawa kandang Cheetah agar pemiliknya tidak mencoba untuk memelihara monyet lagi.
Saat ini Cheetah sudah berada di pusat rehabilitasi monyet di IAR Indonesia Ciapus untuk menjalani proses rehabilitasi agar dia dapat menjadi liar kembali. Semoga Cheetah dapat kembali liar dan dapat dilepaskan kembali ke alam.
Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on email

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit