Oleh: drh. Wendi Prameswari.

Dokter Hewan Yayasan IAR Indonesia


Tim Yayasan IAR Indonesia kembali bertandang ke Cikeusik Baduy pada akhir tahun 2012, kedatangan kali ini merupakan kegiatan berkelanjutan yang sudah dilakukan kali ketiga. Sebelumnya kegiatan dilaksanakan setahun lalu pada bulan Mei dan Desember 2012. Rangkaian kegiatan yang dilakukan adalah merupakan kegiatan kolaborasi bersama komunitas Eqoator Indonesia antara lain yakni pemeriksaan dan pemberian vaksinasi rabies, pemberian obat cacing dan kutu pada untuk anjing dan kucing. Program ini didukung penuh oleh Dinas Peternakan Banten dan Dinas Peternakan Lebak Provinsi Banten untuk penyediaan vaksin rabies.
Tercatat jumlah anjing dan kucing yang mendapatkan vaksinasi dan obat cacing pada bulan Desember 2011 sebanyak 18 ekor, bulan Mei sebanyak 14 ekor, dan pada bulan Desember 2012 sebanyak 11 ekor, jumlah penanganan pada anjing dan kucing ini mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena masyarakat Baduy suka membawa keluar anjing mereka dari desa, anjing-anjing peliharaannya difungsikan untuk membantu menjaga rumah warga yang berada di ladang yang jauh dari desa, dan besar kemungkinan sudah terjadi penularan penyakit antar individu anjing. Pada saat tim datang kemarin tidak seperti biasanya disambut dengan lolongan anjing, dan kemarin hanya sedikit anjing di area desa, menurut penuturan warga, sebagian besar anjing ditemukan mati atau tidak kembali ke desa dalam kurun waktu 2 bulan terakhir. Dari 2 ekor anjing yang sudah diperiksaan selama berada di Baduy, terdapat gejala syaraf yang mengarah kepenyakit Distemper. Penyakit distemper ini dapat menular pada anjing yang tidak mendapatkan vaksinasi dan berakibat kematian.

Karena kepedulian terhadap sesama harus terus dilakukan untuk kehidupan global yang lebih baik.

Untuk mengetahui informasi detail tentang Yayasan IAR Indonesia silahkan join di:

http://www.facebook.com/yayasan.iar

http://www.facebook.com/pages/Yayasan-IAR-Indonesia/383008065122321

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit