“Boy” Beruk Jantan Diselamatkan Dari Pemakaman Menteng Pulo Casablanca

Terlihat Boy tidak bebas bergerak dengan kondisi leher terantai di sebuah pohon dan tidak bisa dibedakan mana makanan atau kotorannya.

Boy namanya, Beruk jantan dewasa yang ditelantarkan oleh pemiliknya dalam kondisi leher dirantai dan diikat disebuah pohon selama hampir 2 bulan di komplek makam Menteng Pulo Casablanca Jakarta.
Kondisi Boy sangat memprihatinkan makan seadanya dan membuang kotoran ditempat yang sama. Pertengahan November kemarin Boy berhasil di rescue oleh Jakarta Animal Aid Network dan dititipkan di Yayasan IAR Indonesia untuk direhabilitasi.

Boy memakan buah pepaya yang diberikan oleh perawat satwa Yayasan IAR Indonesia.

Boy sering sekali mengalami penganiayaan oleh orang yang melepaskan kemarahan dan dipaksa diadu dengan 4 ekor anjing liar.

Beruk (Macaca nemestrina) adalah salah satu jenis primata yang belum di lindungi oleh negara, status inilah yang membuat eksploitasi satwa jenis ini terus berlanjut, tidak hanya kesengsaraan yang diterima oleh Boy bahkan penyiksaan satwa ini juga kerap terjadi dengan memukulnya sebagai sasaran kemarahan dan diadu dengan beberapa anjing liar oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Moniq dan temannya terus memperjuangkan Boy untuk mendapatkan kehidupan yang layak.
Wujud kepedulian masyarakat seperti Moniq dan seorang temannya warga Jakarta inilah yang terus berupaya kelayakan hidup Boy akhirnya sekarang menjalani proses rehabilitasi ditempat yang semestinya. Menerima perlakuan yang layak dari perawat satwa, makanan sesuai sebagai satwa liar dialam, pengecekan kesehatan oleh dokter hewan, kandang yang cukup luas dilengkapi pemberian enrichment kandang dan pakan.
Contoh inilah yang paling mudah kita lakukan sebagai manusia yang peduli terhadap keberlangsungan satwa liar di Indonesia.

Terimakasih
Salam Lestari
Ayut Enggeliah E.
Education Staff
International Animal Rescue Indonesia
Curug Nangka, Kp.Sinarwangi, Ciapus, Bogor, Indonesia
Tel: +62 (0)251 8389232
yayasaniarindonesia.blogspot.com

www.internationalanimalrescue.org

Untuk mengetahui informasi detail tentang Yayasan IAR Indonesia silahkan join di: 

Share:

Share on whatsapp
Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin

Event

Kabar Kukang

Kabar Orangutan

Tentang Kami

Yayasan IAR Indonesia merupakan lembaga non-profit yang bergerak di bidang pelestarian primata di Indonesia dengan berbasis pada upaya penyelamatan, pemulihan, pelepasliaran dan pemantauan pascalepasliar. IAR Indonesia juga berkomitmen memberikan perlindungan primata dan habitatnya dengan pendekatan holistik melalui kerja sama multipihak untuk mewujudkan ekosistem harmonis antara lingkungan, satwa dan manusia.

Ikuti kami

Dapatkan yang terbaru dari kami

Tanpa spam dan hal yang mengganggu lainnya

Lainnya

Kabar Lainnya

Kilas Balik Kami di 2020!

Tak terasa kita sudah berada di penghujung 2020. Kami yakin semua di antara kita mengalami hal yang sama, yakni perasaan

Dapatkan kabar terbaru kami

Penyelamatan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pemulihan

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit

Pelepasliaran

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit